Call Center : 0821-4569-9494

Hukum, Syarat, Tata Cara dan Harga Kambing Aqiqah

Hukum, Syarat, Tata Cara dan Harga Kambing Aqiqah

Harga Kambing Aqiqah Bagi umat muslim pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya aqiqah. Aqiqah adalah sebuah amalan yang dilakukan umat muslim untuk menebus kelahiran anak mereka. Amalan tersebut memiliki beberapa hukum yang dipercayai oleh kaum muslimin. Dalam berkurban, dibutuhkan hewan berupa kambing. Kambing tersebut nantinya akan disembelih dan dagingnya dibagikan kepada tetangga. Bagi Anda yang sedang mencari-cari harga kambing aqiqah, berikut akan diulas daftar harga kambing aqiqahnya.

Beberapa Syarat Aqiqah yang Harus Diketahui

Ada beberapa orang yang menyebut aqiqah dari rambut di kepala bayi yang baru lahir. Saat seorang bayi lahir dari perut ibunya, rambut itulah yang disebut dengan akikah karena wajib untuk dipotong. Aqiqah biasanya diselenggarakan beberapa hari setelah lahirnya seorang bayi. Namun, bagi yang belum mampu membeli kambingnya maka bisa ditunda sampai ada rezekinya.

Dalam membeli kambing terdapat beberapa syarat kambing aqiqah yang perlu dipenuhi. Apabila syarat tersebut kurang maka aqiqah bisa dibilang tidak sah. Syarat tersebut tidak bisa dibilang sulit. Akan tetapi syarat utamanya yaitu jika sudah cukup atau mampu menunaikannya.

harga kambing aqiqah, hukum aqiqah, aqiqah anak, syarat kambing aqiqah, syarat aqiqah, tasyakuran aqiqah, tata cara aqiqah, jasa aqiqah, aqiqah anak perempuan, akikah anak perempuan, jual kambing aqiqah, aqiqah murah
Bagaimana hukum Aqiqah menurut para Ulama serta harga kambing aqiqah dengan aqiqah murah (WA. 0813 8480 7978)

Untuk membeli daging kambing aqiqah dibutuhkan beberapa perbandingan agar bisa mendapat  harga kambing aqiqah terbaik. Akan tetapi sebelum membahas mengenai harganya ada baiknya untuk mengetahui beberapa tafsiran mengenai syarat dan hukum, serta tata cara aqiqah bagi umat muslim.

Dalam melakukan aqiqah terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Syarat aqiqah tersebut misalnya saja dari segi jumlah kambing yang akan dikurbankan. Untuk seorang anak laki-laki yang baru lahir, jumlah kambing yang diperlukan yaitu 2 ekor. Sementara bagi bayi perempuan, jumlah kambing yang harus dikurbankan yaitu hanya 1 ekor. Untuk kambing yang digunakan dalam aqiqah adalah kambing yang sudah cukup umur.

Apa Hukum Aqiqah dalam Islam?

Terdapat sejumlah pendapat mengenai hukum aqiqah yang dikemukakan oleh ulama. Ada yang menyebut jika hukumnya sunnah, sunnah muakkad, hingga wajib. Berikut adalah pendapat yang paling terkenal di masyarakat :

Hukum aqiqah yang mengatakan wajib dan sunnah

Pendapat pertama mengenai hukum dari aqiqah yaitu berada di antara wajib dan sunnah. Ada yang berpendapat jika dalam melakukan aqiqah anak hukumnya wajib karena berhubungan langsung dengan hal menyembelih yang mana penting. Banyak juga yang mengatakan jika hukum tersebut hanyalah sunnah. Tetapi jawaban yang bijak mengatakan jika seseorang yang merasa mampu melakukan aqiqah maka haruslah disegerakan seminggu setelah bayi lahir.

Hukum aqiqah yang mengatakan Sunnah Muakkadah

Ada juga sejumlah ulama yang berpendapat jika tasyakuran aqiqah hukumnya adalah sunnah muakkadah. Hukum ini didasari dari hadist. Beberapa ulama menyampaikan pendapat jika aqiqah menjadi penebus. Penebus disini berarti aqiqah berperan sebagai pertanda lepasnya kekangan jin yang menemani bayi ketika mereka lahir.

Hukum aqiqah yang mengatakan Sunnah

Hukum ketiga dari aqiqah adalah sunnah. Untuk hukum ini didasarkan pada sabda Nabi Muhammad SAW. Umat muslim dari semua belahan dunia dan hukumnya adalah sunnah. Jadi hukum ini tak akan punah ditelan waktu.

Hukum aqiqah yang mengatakan Wajib

Ini adalah hukum terakhir yang banyak dipercayai kaum muslim. Aqiqah hukumnya wajib bagi sebagian orang yang mempercayai hukum ini. Hal ini dikarenakan ketika melakukan aqiqah maka Anda akan menyambut kehadiran anak tersebut. Misalnya saja Anda melakukan aqiqah anak perempuan yang baru lahir, maka hal itu merupakan momen yang penting. Jadi bagi mereka yang sekiranya mampu membeli harga kambing aqiqah diutamakan untuk melangsungkan prosesnya.

Tata Cara Aqiqah dan Pembagian Daging Aqiqah

Dalam melakukan aqiqah terdapat sejumlah tata cara yang harus dilakukan. Tata cara tersebut wajib dilakukan semua. Jadi jangan sampai ada yang terlewat. Tata caranya yaitu yang pertama membaca basmallah terlebih dahulu. Kemudian Anda harus membaca do’a penyembelihan hewan aqiqah dengan menyebut nama sang anak dan ayahnya.

Lalu kambing yang disiapkan, disunahkan agar disembelih sendiri oleh ayah dari anak yang baru saja dilahirkan tersebut. Di hari aqiqah dilaksanakan tersebut anak haruslah dicukur rambutnya. Selain itu anak juga harus diberi nama. Anda juga perlu bersedekah dengan perak yang beratnya sama dengan rambut yang sudah dicukur. Lalu tahap selanjutnya adalah memberikan daging kambing aqiqahnya.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai syarat kambing aqiqah, dalam penyembelihan hewannya maka Anda bisa membagikannya ke beberapa orang. Daging kambing aqiqah haruslah dimasak dengan benar. Kondisinya berbentuk makanan matang. Sebagai contohnya jika Anda melangsungkan akikah anak perempuan, maka nantinya daging kambing yang sudah dimasak tersebut bisa diberikan ke sejumlah orang.

Anda dapat membagikannya ke tetangga sekitar, anak yatim piatu, maupun fakir miskin. Bahkan Anda bisa memberikannya pada orang-orang yang bukan muslim. Kenapa bisa seperti itu? Hal itu dikarenakan dalam rangka untuk menarik simpati. Anda bisa juga berdakwah secara tidak langsung. Namun jangan pernah memberikan daging kambing aqiqah dalam bentuk mentahan. Hal itu tidak diperbolehkan di agama islam.

harga kambing aqiqah, hukum aqiqah, aqiqah anak, syarat kambing aqiqah, syarat aqiqah, tasyakuran aqiqah, tata cara aqiqah, jasa aqiqah, aqiqah anak perempuan, akikah anak perempuan, jual kambing aqiqah, aqiqah murah
Aqiqah murah bersama anak yatim | WA 081384807978

Acara aqiqah menganjurkan Anda untuk mengundang beberapa orang ke rumah untuk merayakannya. Jadi Anda bisa berbagi kebahagiaan dan suka cita dengan banyak orang. Tidak perlu membeli daging kambing yang sangat mahal jika memang belum mampu. Cukup dengan aqiqah murah saja Anda bisa menunaikan amalan tersebut. Lalu bagaimana hukumnya bagi keluarga yang menyelenggarakan aqiqah? Apakah mereka diperbolehkan memakan dagingnya karena ada unsur sedekah di aqiqah?

Ternyata keluarga boleh memakan sajian daging aqiqah. Berdasarkan pendapat Ibnu Qudamah di kitab Al Mughni ditafsirkan jika keluarga diizinkan untuk memakan daging kambing tersebut. jadi bagi Anda yang akan menyelenggarakan aqiqah dan masih bingung mengenai hukum memakan dagingnya bagi keluarga, tak perlu risau lagi karena sudah ada penjelasannya. Sekarang ini untuk melakukan aqiqah tidak perlu serumit dahulu. Jika dulu Anda harus mencari sendiri harga kambing aqiqah di pasar atau tempat-tempat lain yang menjualnya maka kini sudah ada jasa aqiqah. Jasa tersebut tentunya bisa sangat membantu Anda dalam mendapatkan kambing yang sesuai dengan keinginan kita.

Salah satu penyedia jasa penjualan kambing aqiqah adalah di Amanah Aqiqah Saebur. Anda bisa menemukan berbagai harga jual kambing aqiqah yang menarik. Cukup kunjungi saja webiste resminya di www.hargakambingaqiqah.com untuk informasi lebih lengkapnya. Di sana terdapat tata cara pemesanan, kontak yang bisa dihubungi dan beragam informasi lainnya. Jika perlu info lain terkait daging kambing yang akan dibeli cukup hubungi saja CP yang tertera di websitenya. Jadi, bagi Anda yang tidak mau repot mengurus keperluan aqiqah untuk si buah hati, Amanah Aqiqah Saebur siap untuk membantu Anda.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai hukum, syarat, tata cara, dan harga kambing aqiqah. Dengan banyaknya penyedia jasa aqiqah secara online maka Anda harus selektif untuk memilih yang terbaik. Amanah Aqiqah Saebur merupakan rekomendasi tepat untuk Anda. Semoga dengan adanya ulasan ini bisa membantu Anda menemukan pilihan yang paling tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *