Call Center : 0821-4569-9494

Tata Cara Aqiqah yang Baik dan Benar

Tata Cara Aqiqah yang Baik dan Benar

Tata cara aqiqah — Aqiqah merupakan salah satu ibadah sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran anak perempuan maupun laki-laki dalam sebuah keluarga dengan syarat menyembelih hewan ternak berupa kambing. Kambing yang sudah disembelih dan masak kemudian dibagikan kepada keluarga, tetangga, kerabat dan orang-orang yang kurang mampu untuk berbagi rasa syukur dan bahagia atas kelahiran anak tersebut. Tata cara aqiqah yang baik dan benar perlu diperhatikan karena aqiqah merupakan amalan ibadah.

Berikut Syarat Tata Cara Aqiqah yang Harus Dipenuhi

Hukum aqiqah adalah sunnah muakkadah yang sepatutnya tidak ditinggalkan atau lebih baik untuk dilaksanakan terutama bagi yang mampu. Dengan ketentuan kondisi dan umur hewan sembelihan yang sama antara hewan qurban dan hewan aqiqah, namun aqiqah memiliki beberapa ketentuan yang berbeda dari qurban seperti ketentuan jumlah sembelihan. Adapun akan dijelaskan dibawah ini syarat dan ketentuan dalam menjalankan aqiqah yang sesuai syariat.

1. Syarat Aqiqah

Syarat aqiqah dalam syariat adalah dilaksanakan pada hari ketujuh setelah hari kelahiran baik bayi perempuan maupun laki-laki. Apabila atas perihal tertentu aqiqah tidak dapat dilakukan pada hari ketujuh maka aqiqah dapat dilakukan pada hari ke 14 dari hari kelahiran bayi dalam keluarga tersebut. Pihak yang mendapat keutamaan untuk melaksanakan aqiqah adalah pihak yang memberikan nafkah kepada keluarga misalkan ayah, paman atau kakek. Ini dikarenakan pihak yang menafkahi keluarga adalah yang lebih mengetahui kemampuan keuangan keluarga untuk menjalankan ibadah aqiqah. Harapannya adalah keluarga yang menjalankan aqiqah tidak mendapatkan kesulitan dan lebih kepada bersyukur.

2.     Syarat Aqiqah Anak

Tata cara aqiqah anak laki-laki sudah jelas hukumnya dalam syariat bahwa hewan ternak yang harus disembelih adalah 2 ekor kambing. Sedangkan untuk aqiqah anak perempuan dalam syariat adalah cukup satu ekor kambing. Apabila terjadi kendala secara finansial atau keterbatasan dana maka bayi yang seharusnya diaqiqahkan dapat tetap dilaksanakan aqiqah dengan satu ekor kambing dengan syarat mengaqiqahkan satu ekor lagi disaat sudah lebih mampu secara keuangan.

Aqiqah tidak perlu memberatkan keluarga yang hendak menjalankan aqiqah karena sekarang juga sudah tersedia banyak jasa yang menyediakan aqiqah yang lebih terjangkau agar ibadah aqiqah tetap berjalan. Jasa tersebut pada umumnya menyediakan berbagai kebutuhan hewan aqiqah dan catering hingga penyembelihan hewan aqiqah itu sendiri untuk memudahkan pihak keluarga yang hendak menjalankan ibadah aqiqah untuk putra-putrinya yang baru lahir.

3.     Syarat Kambing Aqiqah

Adapun syarat kambing aqiqah adalah kambing dengan kondisi fisik yang sehat, berat badan yang terhitung baik, tidak cacat, bebas dari penyakit dan cukup umur. Syarat kecukupan umur kambing untuk disembelihkan dalam aqiqah setara dengan usia hewan ternak untuk qurban. Adapun kecukupan umur kambing untuk disembelih adalah kambing yang sudah berusia lebih dari satu tahun. Apabila kambing telah berusia satu tahun lebih beberapa bulan dan memenuhi ketentuan diatas maka kambing tersebut dapat disembelih sebagai hewan aqiqah.

Kambing untuk akikah anak perempuan maupun laki-laki dapat berupa kambing jantan maupun betina dan tidak akan menjadi permasalahan ataupun perbedaan selama memenuhi syarat kondisi seperti yang sudah disebutkan juga memenuhi syarat usia. Yang perlu diperhatikan adalah cara penyembelihannya haruslah baik dan benar serta tidak menyiksa binatang tersebut. Penyembelihan binatang aqiqah maupun binatang qurban sudah ada tata caranya sendiri dan harus disembelih hanya dengan menyebut nama Allah SWT.

Tata Cara Aqiqah yang Harus Dilaksanakan

1. Penyembelihan Kambing dan Pemotongan Rambut

Tata cara aqiqah yang pertama dan harus dipahami adalah hari pelaksanaan aqiqah itu sendiri. Aqiqah dilaksanakan pada hari ketujuh setelah bayi perempuan maupun laki-laki dilahirkan. Penting dilaksanakan amalan aqiqah anak dimana pihak yang menafkahi keluarga menyembelih dua ekor kambing untuk anak laki-laki atau satu ekor kambing untuk anak perempuan. Tujuannya adalah sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran anak tersebut dan pemberian nama pada hari aqiqah tersebut kepada anak.

Pada hari yang sama saat hewan aqiqah disembelih juga dilakukan pemotongan rambut anak untuk yang pertama kali. Pencukuran rambut anak baiknya dilakukan dengan merata agar rambut kemudian tumbuh dengan baik. Dan dilanjutkan dengan syukuran dan memanjatkan doa-doa aqiqah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah dan rahmatnya. Apabila atas suatu perihal tertentu aqiqah tidak dapat dilakukan pada hari ketujuh maka aqiqah masih dapat dilakukan pada hari ke 14 anak tersebut dilahirkan.

2. Daging Kambing

Untuk penyembelihan dapat dilakukan melalui jasa aqiqah maupun jasa sembelih hewan ternak yang lebih memahami tata cara penyembelihan yang baik dan benar sesuai syariat menyembelih hewan ternak. Tujuannya agar kambing yang disembelih menjadi lebih tenang dan tidak menyiksa binatang yang hendak disembelih itu sendiri. Jasa yang tersedia biasanya juga bisa melakukan penyembelihan di tempat aqiqah dilaksanakan sehingga pihak keluarga akan merasa lebih tenang dan lebih dimudahkan.

Daging dari hasil sembelihan kemudian wajib dimasak dan baru bisa dibagikan dalam bentuk hidangan yang layak konsumsi kepada kerabat, keluarga, tetangga dan kaum fakir miskin. Disunahkan pula bagi keluarga untuk mengkonsumsi daging kambing tersebut sebagai bentuk tasyakuran aqiqah namun akan lebih baik jika yang merasa bersyukur atas kelahiran anak tersebut adalah banyak orang.

Adapun saat ini tersedia banyak jasa yang menyediakan layanan aqiqah terjangkau dan aqiqah murah. Tujuannya adalah membantu keluarga dengan keterbatasan biaya untuk tetap bisa menjalankan ibadah aqiqah dengan tata cara aqiqah yang baik dan benar. Dan tujuan lainnya agar kegiatan ibadah aqiqah keluarga anda lebih dimudahkan melalui layanan tersebut. Meskipun hukumnya sunnah namun merupakan sunnah muakkadah yang kuat dan akan lebih baik untuk dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur.

Harga kambing aqiqah kemudian juga menyesuaikan dengan kemampuan keuangan pihak yang menafkahi keluarga yang hendak melaksanakan aqiqah. Adapun rentang harga kambing untuk aqiqah sendiri sebenarnya cukup terjangkau dan berkisar dari Rp 1.000.000,- hingga Rp 4.000.000,- tergantung berat, kualitas dan usia kambing itu sendiri. Tidak perlu kambing yang mahal selama syarat yang sesuai syariat aqiqah sudah bisa terpenuhi dan kewajiban mengaqiqahkan anak berjalan dengan lancar.

Amanah Aqiqah Saebur termasuk salah satu jasa yang menyediakan layanan jual kambing aqiqah dan catering juga catering untuk kegiatan aqiqah yang dibutuhkan keluarga yang hendak melaksanakan amalan ibadah aqiqah. Selain aqiqah Amanah Saebur juga melayani kebutuhan binatang qurban dengan akses yang mudah melalui website resmi Amanah Saebur yaitu hargakambingaqiqah.com. Melalui website tersebut anda bisa menemukan paket penawaran aqiqah yang menarik dan bisa menyesuaikan kemampuan keuangan keluarga.

Itulah tata cara aqiqah yang baik dan benar serta jasa yang melayani aqiqah untuk memudahkan ibadah aqiqah keluarga anda. Tata cara tersebut perlu dipahami dan dilaksanakan dengan seksama agar ibadah aqiqah anda berjalan lancar dan sesuai yang disyariatkan. Semoga membantu dan bermanfaat.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *